^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2017-10-09 12:50:31 - Matrikulasi Program Pascasarjana IAID Ciamis <0> 2017-10-02 09:57:03 - Peletakan Batu Pertama MASKAMP IAID Ciamis <0> 2017-10-02 09:18:36 - Hasil Seleksi Mahasiswa Baru Program S2 PPs IAID Tahun 2017/2018 <0> 2017-09-10 11:49:17 - TAMADA 2017 : Memanfaatkan Ilmu dengan Baik <0> 2017-08-27 12:46:58 - Hasil Seleksi Masuk Program Sarjana (S1) Tahun Akademik 2017/2018 Gelombang 2 <0>
 

BERITA FOTO

2017-10-11 : Matrikulasi Pascasarjana IAID Ciamis, 7-8 Oktober 2017

Matrikulasi Pascasarjana IAID Ciamis, 7-8 Oktober 2017

Anda berada di: Depan > PRESS RILIS 2016 IAID
IAID Ciamis, Dari Daerah Yang Mendunia
Diposting pada: 2016-12-30 08:41:47 | Hits : 424 | Kategori: Internal
 

Pada akhir tahun 2016 Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis melaksanakan prosesi Wisuda tahun akademik 2016-2017. Wisuda merupakan puncak ekspresi  ketercapaian akademik bagi para mahasiswa untuk menuju derajat  yang lebih tinggi. Menurut Ketua panitia Wisuda, Drs.H.Undang Suherman, rangkaian Wisuda diisi dengan bakti sosial, tasmi’ alQuran 30 Juz, dan Studium Generale dari praktisi pemerintahan Jawa Barat, yaitu Sekretaris Daerah Propinsi Jawa barat, puncaknya Wisuda. Peserta Wisuda pada tahun ini berjumlah 286 lulusan dengan perincian, lulusan Program Pascasarjana (S2) Program Studi Pendidikan Agama Islam dengan gelar Magister Pendidikan (M.Pd.) berjumlah 52 orang, Program S1 Fakultas Syari’ah Program Studi Ahwal Syaikhsiyah dengan gelar Sarjana Hukum (S.H.) berjumlah 29 orang. Fakultas Tarbiyah dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) berjumlah 141 orang dan Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah/PGSD dengan gelar (S.Pd.) berjumlah 64 orang.

   Dengan Wisuda pada tahun 2016 ini, menurut Rektor IAID N.Hani Herlina, M.Pd.I diharapkan para lulusan dapat berkiprah, berkompetisi, dan mengabdi pada masyarakat sesuai dengan visi dan misi institusi dengan beraktivitas di manapun sesuai dengan profesi apapun dengan berpusat pada Islam yang mengembangkan nilai-nilai Islam yang wasathtiyah dan  rahmatan lil ‘alamin yang merupakan prasyarat untuk mewujudkan peradaban yang kuat dan bangsa yang maju. Nilai-nilai dan profesionalitas yang dikembangkan selama menempuh perkuliahan merupakan penempaan “kawah candradimukanya” selama menjadi mahasiswa menjadi bagian penting karakter yang harus diwujudkan para lulusan IAID Ciamis.

IAID Ciamis merupakan salah satu perguruan tinggi yang membanggakan di wilayah Priangan. Alumni fakultas syari’ah yang berdiri pertama sejak tahun 1970 telah melahirkan hakim-hakim yang telah tersebar di wilayah Pengadilan di Indonesia. Secara keseluruhan para alumni IAID Ciamis telah tersebar ke berbagai pelosok nusantara dalam berbagai kiprah dan perannya masing-masing baik di tingkat nasional maupun regional. IAID Ciamis memiliki tiga fakultas dan satu Program Pascasarjana. Sama seperti S1, Program Pascasarjana juga menjadi Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam yang pertama di Priangan. Bahkan untuk Program Pascasarjana pada akreditasi yang kedua tahun 2015 mendapat nilai yang memadai dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) tanpa visitasi. Fakultas-fakultas terdiri dari Pertama, Fakultas syari’ah dengan prodi Ahwal Syaikhsiyah (dengan gelar S.H.) dan Ekonomi Syari’ah (dengan gelar S.E.). Kedua Fakultas Tarbiyah dengan prodi Pendidikan Guru Agama Islam (dengan gelar S.Pd.), prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/PGSD (dengan gelar S,Pd.), dan prodi pendidikan Guru Raudlatul Athfal/PGTK (dengan gelar S.Pd.). Ketiga, Fakultas Ushuluddin dengan prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

 

Nilai-nilai yang mendunia dari IAID Ciamis

            Pada tahun 2014 IAID Ciamis terpilih menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta terbaik peringkat 1 dari 119 perguruan tinggi se Jawa Barat dan Banten untuk kategori institut. Selain pengembangan profesionalitas sesuai dengan program studi masing-masing yaitu seperti menjadi ahli di bidang pendidikan, hukum, ekonomi, politik, budaya, kepemimpinan, dan lain-lain, IAID Ciamis menanamkan nilai-nilai yang dapat membawa pada keunggulan dunia. Tiga modal utama nilai-nilai yang mondial mendunia sebagaimana dijelaskan Ketua Dewan Pembina IAID Ciamis dan Pengasuh Pesantren Darussalam Dr.KH. Fadlil Munawwar Manshur, di antaranya keilmuan, kepemimpinan, dan keadaban dengan strategi budaya yang dikembangkan yaitu Muslim Moderat, Mukmin Demokrat, dan Muhsin Diplomat dengan berdasar pada penghargaan nilai-nilai keragaman

            Secara keilmuan dan aademis, IAID Ciamis telah mengembangkan keilmuan dengan menggunakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang merupakan program pemerintah untuk merespon berbagai standar kualifikikasi standar kualitas manusia di berbagai negara dunia sehingga dengan kurikulum yang berbasis KKNI lulusan mahasiswa mampu bersaing bukan saja di tingkat nasional tetapi ke tingkat dunia. Oleh karena itu seluruh program studi di lingkungan IAID Ciamis telah merview kurikulum dan pembelajaran dengan standar KKNI.

Dengan dasar keilmuan para mahasiswa dan dosen ditradisikan untuk melakukan kajian, diskusi, dan penulisan makalah untuk kegiatan ilmiah yang regional, nasional, dan internasional. Untuk kegiatan ilmiah internasional yang kompetitif (bukan yang abal-abal). Beberapa orang dosen dapat menembus papernya terpilih masuk kegiatan ilmiah kelas dunia yang sangat kompetitif yaitu Annual Conference DIKTIS yaitu Dr.H.Husni Thoyyar, M.Pd, International Symposium on Religious Life Fostering Diversity Litbang Kemenag RI dan International Community Outreach DIKTIS di India atas nama Dr. Sumadi, M.Ag. Tulisan-tulisan ilmiah dosen dimuat diberbagai jurnal internasional dan nasional yang dapat diakses oleh siapa saja masyarakat biasa atau masyarakat ilmiah seluruh dunia melalui website jurnal yang memuat. Seperti tulisan Dr.Hasan Bisri, Dr.Abdul Azis, Dr.Koko Komaruddin, M.Pd., Dr.Chusna Arifah, M.Ag., Dr.H. Fadlil Yani, M.Ag., Dr.Husni Thoyyar, M.Pd., Dr. Fadlil Munawwar Manshur, Dr. Sumadi, M.Ag., Anis Husni Firdaus, M.Pd.I dan lai- lain. Tidak seperti perguruan tinggi swasta yang lain, pada dosen IAID Ciamis mempertanggungjawabkan sebagai intelektual publik dengan aktif menulis di berbagai media cetak baik nasional maupun regional. Seperti kompas, pikiran rakyat, Tribun, Kabar Priangan, Radar, dan lain-lain. Para dosen dan tenaga kependidikan juga memperoleh pelatihan tingkat nasional dan internasional seperti di USAID, DIKTIS, East West Center Amerika Serikat, Mesir, China, Singapura, India dan lain-lain

 Selain para dosennya yang berprestasi para mahasiswanya juga memiliki prestasi yang sangat baik, dengan atmosfir akademik yang terjaga di antaranya tahun 2014 juara 1 Nasional Debat Hukum di UIN Sunan Kalijaga, Juara 3 Nasional Debat Bahasa Arab tahun 2014 di Jogyakarta, tahun 2016 juara 1 MTQ Nasional antar mahasiswa seIndonesia, Juara 1 debat dalam FGD antar ekonomi Syari’ah se Jawa Barat tahun 2016, dan lain-lain. Selain itu para mahasiswa juga ada yang menjadi hafidz alQuran 30 juz.  Berbagai prestasi yang diraih tidak lepas dari tradisi demokratisasi dan kebebasan mimbar akademik yang diterapkan dalam sistem pengelolaan kampus. Dalam konteks ini IAID Ciamis sebagai perguruan tinggi swasta di daerah dapat berprestasi nasional, internasional, dan bergema secara mondial.

SELAMAT KEPADA SELURUH WISUDAWAN, SEMOGA ILMU DAN PENGALAMAN YANG DIDAPAT BERGUNA UNTUK KEJAYAAN BANGSA DAN NEGARA, AMIIN.

[Humas IAID Ciamis, Press Rilis-Wisuda IAID Ciamis 2016]                                                                                                                                                                                                   

 

 

 

Posting Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali

MUTIARA HADIST
Rukun Islam :
Dari Abi Abdurrahman Abdillah Bin Umar Bin Khattab Ra. Berkata: Aku Telah Mendengar Rasulullah Saw Bersabda: "Bangunan Islam Itu Atas Lima Perkara Mengakui Bahwa Tiada Tuhan Melainkan Allah Dan Sesungguhnya Muhammad Itu Utusan Allah, Mendirikan Shalat, Mengeluarkan Zakat, Mengerjakan Haji Ke Baitullah Dan Puasa Bulan Ramadhan."