^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2017-06-11 10:59:41 - Kunjungan Presiden Jokowi ke Pondok Pesantren Darussalam Ciamis <0> 2017-04-26 14:03:25 - Belajar dari Sapen <0> 2017-04-22 13:41:39 - Orasi Budaya : Budaya Populer dan Penguatan Identitas Masyarakat Islam Indonesia <0> 2017-04-10 15:13:01 - Kuliah Umum dan Seminar Nasional <0> 2017-04-03 08:09:42 - Tadi Pagi, Dosen Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Wafat <0>
 

BERITA FOTO

2017-05-19 : Diskusi Panel Membedah Paradigma Baru Proyeksi Pengankatan Tenaga Pendidik Tingkat SD/MI di Kab. Ciamis diselenggarakan bersama Kantor Kemenag Kab Ciamis, BKDD Ciamis dan HMPS Prodi PGMI

Ketua Prodi PGMI pada Acara Diskusi Panel Membedah Paradigma Baru Proyeksi Pengankatan Tenaga Pendidik Tingkat SD/MI, di Kab. Ciamis diselenggarakan bersama Kantor Kemenag Kab Ciamis, BKDD Ciamis dan HMPS Prodi PGMI

2017-04-26 : Studi Lapangan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAID Ciamis ke SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Studi Lapangan Pembelajaran SD Mahasiswa PGMI di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Anda berada di: Depan > FAKULTAS TARBIYAH
Fakultas Tarbiyah
Diposting pada: 2014-03-25 13:08:26 | Hits : 3691
 

Fakultas Tarbiyah diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 109 Tahun 1989 tanggal 27 Mei 1989. Fakultas Tarbiyah dalam perannya sebagai penyelenggara pendidikan bidang kependidikan Islam telah banyak melahirkan pemikir, pengembang dan praktisi pendidikan Islam yang turut berperan membangun Indonesia. Seiring dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat global, Fakultas Tarbiyah terus menerus melakukan inovasi dan pengembangan secara sistemik dan berkesinambungan sehingga diharapkan dapat memantapkan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mampu memberikan pembinaan dan pelayanan kepada sivitas akademika secara profesional.

Visi Fakultas Tarbiyah IAID adalah menjadi Fakultas Tarbiyah terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang ketarbiyahan yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Misi Fakultas Tarbiyah IAID adalah (1) menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik di lingkungan masyarakat, madrasah/sekolah, pondok pesantren, dan masyarakat luar sekolah, (2) mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, (3) mengembangkan pengelolaan kelembagaan yang kondusif dan atmosfir masyarakat akademis religius dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi Jurusan/Program Studi , (4) mengembangkan penelitian yang dapat melahirkan teori-teori pendidikan Islam di lingkungan masyarakat, madrasah/sekolah, pondok pesantren dan masyarakat luar sekolah, (5) mengembangkan pengabdian masyarakat dengan fokus pada usaha memberikan kontribusi dalam penyelesaian berbagai persoalan pendidikan aktual yang timbul di masyarakat, (6) mengembangkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, dan (7) meembangkan dan menjaga nilai-nilai, etika profesional, dan moral akademis dalam menyelenggarakan proses pendidikan.

Saat ini Fakultas Tarbiyah memiliki tiga Jurusan/Program Studi  , yaitu Jurusan/Program Studi  Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan/Program Studi  Pendidikan Bahasa Arab (PBA) , dan Program Studi  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
FAKULTAS TARBIYAH  IAID CIAMIS JAWA BARAT 

A. Visi

Menghasilkan tenaga guru Pendidikan Agama Islam yang beriman, berakhlak mulia, memiliki kompetensi akademik dan profesional, memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, dan arif, serta bersikap toleran, terbuka, dan demokratis

B. Misi

  • 1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran bidang ilmu-ilmu agama Islam dan disiplin ilmu-ilmu kependidikan
  • 2. Mengarahkan mahasiswa kepada pemilikan ahklak mulia, pemikiran rasional, analitis, berorientasi pada pemecahan masalah, dan berpandangan jauh ke depan.
  • 3. Melakukan pengembangan kemampuan akademik dan profesional calon Guru Pendidikan Agama Islam.
  • 4. Melakukan pengembangan kepribadian calon guru Pendidikan Agama Islam yang mantap, stabil, dewasa, dan arif, serta bersikap toleran, terbuka, dan demokratis.
  • 5. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan Pendidikan Agama Islam.
  • 6. Memberikan kontribusi dalam proses pembangunan bidang Pendidikan Agama Islam.

C. Tujuan

  • 1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia.
  • 2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengenal peserta didik secara mendalam.
  • 3. Menghasilkan lulusan yang menguasai substansi dan metodologi bidang ilmu (disciplinary content knowledge) Pendidikan Agama Islam.
  • 4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengemas bidang ilmu menjadi bahan ajar dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (pedagogical content knowledge).
  • 5. Menghasilkan lulusan yang mampu menyusun perancangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  • 6. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan program dan rencana pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  • 7. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan memanfaatkan pelbagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif.
  • 8. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkreasi metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  • 9. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan mengembangkan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
  • 10. Menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan hasil evaluasi terhadap proses dan hasil pembelajaran dalam rangka perbaikan pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara berkelanjutan.
  • 11. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kemampuan akademik dan professional secara berkelanjutan.
  • 12. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap toleran, terbuka, dan demokratis.
  • 13. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepribadian mantap, stabil, dewasa, dan arif.
  • 14. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan kegiatan penelitian ilmiah dalam rangka mengembangkan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pengembangan karir profesionalnya.
  • 15. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan terhadap problem-problem sosial di bidang pendidikan Islam, sekaligus mampu merespon dan memecahkannya. 

KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI

A. Kompetensi Kepribadian

  • 1. Memiliki kepribadian sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum, toleran, demokratis dan menjujung tinggi kebinekaan dan hak asasi manusia
  • 2. Memiliki kepribadian sebagai calon guru Pendidikan Agama Islam yang mantap dan stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia.
  • 3. Memiliki pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Asing.
  • 4. Memiliki kepribadian sebagai ilmuwan yang kritis, jujur, objektif, berpikir terbuka, dan bertanggung jawab.

B. Kompetensi Keilmuan dan Keterampilan (learning to know)

  • 1. Menguasai dasar-dasar ilmu agama Islam.
  • 2. Mempunyai pengetahuan dan menguasai materi Pendidikan Agama Islam.
  • 3. Menguasai substansi dan metodologi bidang ilmu (disciplinary content knowledge) Pendidikan Agama Islam.
  • 4. Memiliki pengetahuan dan penguasaan tentang strategi mengemas bidang ilmu menjadi bahan ajar dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (pedagogical content knowledge).
  • 5. Memiliki kemampuan merencanakan pembelajaran, menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat, serta mengevaluasi pembelajaran bidang Pendidikan Agama Islam.
  • 6. Memiliki kemampuan memahami dan menguasai metodologi penelitian.
  • 7. Memiliki kemampuan memahami dan menguasai administrasi pendidikan dan pembelajaran
  • 8. Memiliki kemampuan memahami dan menguasai metode, prosedur dan teknik bimbingan dan penyuluhan.

C. Kompetensi Keahlian Berkarya (learning to do)

  • 1. Mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran bidang Pendidikan Agama Islam.
  • 2. Mampu mengidentifikasi, memformulasi, dan menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan penerapan dan pengembangan bidang Pendidikan Agama Islam.
  • 3. Mampu merancang dan melaksanakan kegiatan penelitian bidang Pendidikan Agama Islam.
  • 4. Mampu melaksanakan tertib administrasi keguruan dan pembelajaran.
  • 5. Mampu melaksanakan fungsi-fungsi kepemimpinan lembaga pendidikan.
  • 6. Mampu melaksanakan dan mengemban tugas sebagai pemimpin informal di masyarakat.

D. Kompetensi Perilaku Berkarya (learning to be)

  • 1. Memiliki sikap dan kesadaran tentang belajar sepanjang hayat.
  • 2. Memiliki sikap dan perilaku positif untuk mengembangkan kompetensi pedagogis, profesional, dan sosial.
  • 3. Memiliki kemampuan untuk memahami tanggungjawab profesi, etika, dan sosial.
  • 4. Memiliki komitmen terhadap perbaikan kualitas pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan.

E. Kompetensi Berkehidupan Bersama (learning to live together)

  • 1. Memiliki kesanggupan untuk hidup bersama dengan masyarakat secara damai, toleran, demokratis, dan menghargai hak asasi manusia.
  • 2. Memiliki kesanggupan untuk menghargai dan menghormati dalam kerangka pergaulan profesional.
  • 3. Memiliki kepekaan dan rasa empati terhadap problem orang lain.
  • 4. Memiliki kesanggupan untuk menciptakan budaya prestatif dan sikap produktif dalam menghasilkan karya-karya ilmiah bidang Pendidikan Agama Islam.

1. Semester I

NO

KLPMK

INT/INS.

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

MPK

INT

Pendidikan Pancasila

2

2

MPK

INT

Bahasa Inggris  I

2

3

MPK

INT

Bahasa Arab I

2

4

MPK

INT

Bahasa Indonesia

3

5

MKK

INT

Metodologi Studi Islam

3

6

MKK

INT

Ilmu Kalam

2

7

MKK

INT

Filsafat Umum

3

MKK

INS

Nahwu / Sharaf

2

9

MPB

INS

Ahlus Sunnah Waljama'ah

3

Jumlah

22

2. Semester II

NO

KLPMK

INT/INS.

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

MPK

INT

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

MPK

INT

Bahasa Inggris  II

2

3

MPK

INT

Bahasa Arab II

2

4

MKK

INT

Fiqh I

2

5

MKK

INT

Psikologi Umum

2

6

MPB

INT

Sejarah dan Peradaban Islam

2

7

MPB

INT

Ilmu Tasawuf

2

8

MKK

INT

Psikologi Pendidikan

2

9

MKK

INT

Filsafat Pendidikan

2

10

MKK

INT

Ilmu Pendidikan

3

Jumlah

21

3. Semester II

NO

KLPMK

INT/INS.

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

MPK

INT

Bahasa Inggris  III

2

2

MPK

INT

Bahasa Arab III

2

3

MPK

INS

Ilmu Sosial Dasar

3

4

MPK

INS

Filsafat Ilmu

2

5

MKK

INT

Fiqh II

2

6

MKK

INT

Psikologi Perkembangan

2

7

MKB

INT

Strategi Pembelajaran

3

8

MKB

INT

Administrasi Pendidikan

2

9

MPB

INS

Praktek Ibadah

2

Jumlah

20

4. Semester IV

NO

KLPMK

INT/INS.

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

MKK

INT

Ulumul Hadits

3

2

MKK

INT

Ulumul Qur'an

2

3

MKB

INT

Metode Pembelajaran PAI

2

4

MKB

INT

Media Pembelajaran PAI

2

5

MKB

INT

Pengembangan Kurikulum PAI

3

6

MKB

INT

Perencanaan Pembelajaran PAI

3

7

MKB

INS

Manajemen Lembaga Pendidikan Islam

2

8

MPB

INT

Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia

2

9

MPB

INT

Pedagogi

2

Jumlah

21

5. Semester V

NO

KLPMK

INT/INS.

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

MKK

INT

Ushul Fiqh

3

2

MKK

INT

Metodologi Penelitian

3

3

MKK

INT

Tarikh Tasyri

2

4

MKK

INT

Bimbingan dan Penyuluhan

2

5

MKK

INT

Psikologi Belajar

3

6

MKB

INT

Evaluasi Pembelajaran PAI

3

7

MKB

INS

Pengembangan Silabus PAI

2

8

MBB

INS

Etika Profesi Keguruan

2

Jumlah

20

6. Semester VI

NO

KLPMK

INT/INS.

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

MKK

INT

Hadits I

2

2

MKK

INT

Tafsir I

2

3

MKK

INS

Masail Fiqhiyyah I

2

4

MKK

INS

Metodologi Penelitian Pendidikan

2

5

MKK

INS

Balaghah

2

6

MKB

INS

Sistem Pendidikan Pondok Pesantren

2

MKB

INS

Manajemen Masjid

MKB

INS

Pengelolaan Madrasah Diniyah

MKB

INS

Metode Belajar Mengajar Al-Qur'an

MKK

INS

Studi Naskah Pendidikan Islam

2

7

MKK

INS

Kapita Selekta Pendidikan Islam

2

Jumlah

16

7. Semester VII

NO

KLPMK

INT/INS.

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

MKK

INT

Hadits II

2

2

MKK

INT

Tafsir II

2

3

MKK

INS

Masail Fiqhiyyah II

2

4

MKB

INT

Statistik

3

5

MKB

INT

Praktek Keahlian

4

6

MKB

INT

Teknik Penulisan Skripsi

2

Jumlah

15

8. Semester VIII

NO

KLPMK

INT/INS.

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

MKB

INT

Skripsi

6

2

MKB

INS

Komprehensif

3

3

MBB

INT

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4

Jumlah

13

PROGRAM STUDI
PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH  IAID CIAMIS JAWA BARAT

VISI

Menjadi program studi unggul yang mampu menghasilkan guru kelas dan pendidik yang memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional berbasis pada nilai-nilai kepesantrenan.

MISI

  • Melaksanakan pendidikan, pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pendidikan dasar berbasis pesantren.
  • Memberikan layanan dan tata kelola yang unggul berbasis pesantren.

TUJUAN

  • Menghasilkan guru kelas dan pengelola pendidikan yang profesional berbasis pesantren.
  • Menjadi program studi yang memiliki tata kelola yang baik dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

 A. Sasaran Prodi PGMI adalah :

Untuk mencapai tujuan menghasilkan guru kelas dan pengelola pendidikan yang profesional berbasis pesantren, maka program studi memilki sasaran:

  1. Terwujudnya pembelajaran yang aktif, kreatif dan bertanggung jawab dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan bidang pendidikan dasar yang dibutuhkan dalam menjawab tantangan zaman.
  2. Terwujudnya hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan ilmu pendidikan dasar berbasis pesantren.

 

Untuk mencapai tujuan menjadi program studi yang memiliki tata kelola yang baik dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, maka program studi memilki sasaran:

  1. Terwujudnya sistem layanan program studi yang unggul, transparan dan akuntabel.
  2. Terciptanya lingkungan kampus yang kondusif dalam mengembangkan calon guru kelas yang profesional berbasis pesantren.

 B. Strategi Pencapaian:

Untuk mencapai tujuan menghasilkan guru kelas dan pengelola pendidikan yang profesional berbasis pesantren, maka ditempuh strategi:

Sasaran 1: Terwujudnya pembelajaran yang aktif, kreatif dan bertanggung jawab dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan bidang pendidikan dasar yang dibutuhkan dalam menjawab tantangan zaman. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  • Program pelatihan dosen dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pendidikan dasar bekerja sama dengan USAID Prioritas.
  • Program penjaminan mutu akademik.
  • Program peningkatan sarana, prasarana dan fasilitas pembelajaran.
  • Program pengembangan teknologi komunikasi dan informasi.
  • Program digitalisasi perpustakaan.

Sasaran 2: Terwujudnya hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan ilmu pendidikan dasar berbasis pesantren. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  • Program pengembangan penelitan dan pengabdian kepada masyarakat melalui hibah kompetitif.
  • Program pemberian penghargaan bagi peneliti yang karyanya memperoleh hak paten atau dimuat di jurnal nasional dan internasional.
  • Program penerbitan jurnal ilmiah.
  • Program pelatihan peningkatan kompetensi penelitian dosen di bidang pendidikan dasar.
  • Program kerja sama dengan institusi pemerintah, pendidikan tinggi dan pihak swasta.
  • Program pengabdian kepada masyarakat, melalui kuliah kerja nyata tematik.

Untuk mencapai tujuan menjadi program studi yang memiliki tata kelola yang baik dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, maka program studi memilki sasaran:

Sasaran 3: Terwujudnya sistem layanan program studi yang unggul, transparan dan akuntabel, maka dlakukan strategi pencapaian sebagai berikut:

  • Program pengembangan sistem informasi akademik, keuangan, kemahasiswaan, dan ketenagaan.
  • Program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan mahasiswa miskin.
  • Program pelatihan tenaga kependidikan (pustakawan, komputer, dan administrasi).
  • Program pemagangan entrepreneurship mahasiswa.

Saran 4: Terciptanya lingkungan kampus yang kondusif dalam mengembangkan calon guru kelas yang profesional berbasis pesantren, maka dilakukan strategi pencapaian sebagai berikut :

  • Program penyediaan layanan hotspot dan wifi.
  • Program pengembangan minat, bakat dan potensi mahasiswa di bidang kesenian, olah raga dan soft skill.
  • Program pengembangan tahfidz, tahsin dan tafsir al-Qur’an.
  • Program pelatihan dan kompetisi micro teaching.
  • Program penerbitan pers mahasiswa.
  • Program pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan mahasiswa.

 

PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)

 

VISI

Menjadi program studi unggul dalam menghasilkan guru dan pengelola program PAUD profesional, kreatif, dan inovatif yang berbasis pada nilai-nilai kepesantrenan pada tahun 2021

MISI

  • Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  • Mengembangkan akhlak mulia, sikap toleran, pemikiran rasional, analitis, berorientasi pada pemecahan masalah, dan berpandangan jauh ke depan.
  • Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan Ilmu PAUD

TUJUAN

  • Menghasilkan guru dan pengelola Program PAUD yang profesional, kreatif, dan inovatif yang berbasis pada nilai-nilai kepesantrenan
  • Terwujudnya iklim pembelajaran anak usia dini yang kreatif, inovatif, dan profesional.
  • Menghasilkan lulusan yang menguasai substansi dan metodologi PAUD serta mampu mengemas bidang ilmu menjadi bahan ajar dalam kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap toleran, keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian dalam rangka mengembangkan strategi dan pengembangan karier profesionalnya

Gelar Akademik : Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

 

 

 

Posting Lainnya:

« Kembali

MUTIARA HADIST
Puasa Yang Diterima :
Barangsiapa Yang Berpuasa Dengan Keimanan Dan Dalam Rangka Mencari Pahala Disisi Allah, Maka Dosanya Yang Telah Lalu Diampuni.